Di Papua, Intel Indonesia Kalah Kelas Dari "Intel Vatikan"


 ( Ilustrasi )
KRBNews - Akibat kondisi yang serba tidak ideal bagi intelijen Indonesia, sering kali informasi yang didapat agen intelijen Indonesia kalah cepat jika dibandingkan dengan intelijen asing, bahkan Vatikan sekalipun.

“Vatikan sering kali mendapatkan informasi lebih akurat melalui laporan gereja-gerejanya di Papua, ketimbang intelijen Indonesia, bahkan lebih baik dari CIA sekalipun. Karena pendeta dan gereja melakukan pendekatan yang berbeda, tidak seperti intelijen kebanyakan,” jelas Hariyadi Wirawan ketika dihubungi itoday, Senin (20/2).

Itulah sebabnya, Vatikan sering kali mendapatkan data yang tidak di dapat oleh intelijen, dan mengajukan protes terhadap kebijakan Pemerintah Indonesia yang dianggap melanggar HAM di Papua.

Apa yang dikatakan pengamat hubungan internasional ini mungkin ada benarnya, sebab gereja sering menjadi tempat “curhat” penduduk, sehingga informasi yang didapatkan gereja di Papua bisa lebih akurat, ketimbang agen intelijen yang menggunakan metode lain.

Tetapi dosen Fisip UI ini juga mengingatkan, bahwa laporan yang diberikan gereja di Papua ke Vatikan bukanlah laporan intelijen, melainkan hanya laporan biasa yang harus disampaikan berkala. Hal Itu berbeda dengan laporan intelijen yang harus dianalisis terlebih dahulu, agar bisa memproyeksikan masa depan.*

http://itoday.co.id/politik/5294-di-papua-intel-indonesia-kalah-kelas-dengan-qintel-vatikanq )

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.