RI Tidak Ingin Papua Lepas, Seperti Timtim


Monday, 16 January 2012 
JAKARTA [PAPOS]- Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat (Kopassus) Mayjen TNI Wisnu Bawa Tenaya mengatakan keberadaan pasukannya di Papua merupakan bagian dari tugas pokok TNI untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia secara profesional dan proposional.
"Kita menjalankan tugas dan peran kami secara proposional," kata Danjen Kopassus Mayjen Wisnu Bawa Tenaya di sela acara bagi-bagi 20 ribu bibit pohon Kopassus kepada masyarakat di Jakarta, Sabtu.
Wisnu Bawa menambahkan,"keberadaan kami di Papua sama dengan keberadaan di daerah yang selain menjalankan tugas pokok menjaga kedaulatan NKRI, kami juga melakukan latihan rutin dan bersatu dengan rakyat melalui berbagai kegiatan,".
Ia mengemukakan secara umum situasi dan kondisi keamanan di Papua relatif stabil dan kondusif."Relatif aman, kondusif," ujarnya singkat.
Komisi I DPR menengarai tercatat 250 personel intelijen di Papua dari berbagai Polri, TNI yang terdiri atas tiga matra yang 176 di antaranya berasal dari Kopassus.
Sangat dinamis Pada kesempatan terpisah, Kepala Badan Intelijen Negara, Letjen TNI Marciano Norman mengatakan perkembangan di Papua sangat dinamis. Dinamika di provinsi paling timur republik itu, kata dia, sangat tinggi.
Ia menegaskan dalam menghadapi soal Papua pemerintah selalu mencari solusi terbaik. Marciano menegaskan bahwa Republik Indonesia tak ingin Papua lepas seperti Timor Leste."Tapi masyarakat Papua harus sejahtera, itu harus dipikirkan bersama," ujarnya.
Dia meminta media memantau kerja pemerintah dan aparat keamanan di Papua. "Apabila terjadi pelanggaran oleh aparat, Panglima TNI dan Kapolri tak segan-segan menindak. Kontrol media sangat kuat dan tak akan membiarkan pelanggaran terjadi di sana," ujarnya.
Ia juga meminta media tidak segan-segan melakukan kritik terhadap BIN."Silakan kritik kami. Dan berikan masukan yang konstruktif," kata Marciano.

[http://www.papuapos.com/index.php?option=com_content&view=article&id=6597:ri-tidak-ingin-papua-lepas-seperti-timtim&catid=1:berita-utama]


About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.