"Orang Papua Terancam Punah"

"Artinya, dengan bersama Indonesia ini orang Papua jadi seperti tak punya masa depan."

VIVAnews
- Sekretaris Umum Dewan Adat Papua, Leo Imbiri, menyatakan masyarakat Papua menginginkan keseriusan pemerintah dalam menyelesaikan masalah Papua. Makin hari, kata Leo, rakyat Papua semakin termarjinalisasi.
"Selain tak menikmati kekayaan yang kami punya, kami juga terancam punah di negeri kami," ujar Leo dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi I DPR RI, Jakarta, Rabu, 23 November 2011.
Leo menambahkan, populasi penduduk asli Papua terus menyusut sementara di sisi lain, pendatang dari daerah lain terus berdatangan ke Papua. "Hari ini jumlah penduduk asli Papua dibanding pendatang berapa, mungkin pendatang lebih besar. Tak ada data pasti soal itu tapi kami menduga ada suatu kebijakan sistematis dan didorong untuk marjinalisasi dan pemusnahan masyarakat Papua," kata Leo.
Hal inilah yang meresahkan masyarakat Papua. "Artinya, dengan bersama Indonesia ini orang Papua jadi seperti tak punya masa depan," kata Leo.
Leo berharap Komisi I bisa turut berperan dalam mencari solusi masalah tersebut untuk memastikan orang Papua akan punya masa depan bersama Indonesia. "Banyak rekomendasi sudah disampaikan. DPR pun telah banyak mendapat masukan. Karena itu saya usulkan dari pertemuan ini dan yang sudah dilakukan menjadi langkah yang memberi harapan," kata Leo.
Dialog dengan masyarakat Papua mesti dilakukan untuk mengetahui masalah yang dirasakan sekaligus menjadi dasar kebijakan menyelesaikan masalah. Namun sebagian besar masalah yang mengganjal itu adalah soal status  politik Papua terhadap Indonesia dan kekerasan serta pelanggaran HAM.
"Saya ingin tekankan, masalah status politik dan kemanusiaan harus disoroti, sehingga komunikasi politik ke depan menggunakan pertimbangan hati nurani. Komisi I saya harap dapat segera ambil langkah konkret," kata Leo.
Selain itu untuk mendukung proses dialog untuk penyelesaian masalah Papua tersebut, diharapkan dilakukan dengan menghentikan kekerasan yang terjadi. "Saya mau garis bawahi soal usulan dialog, orang tidak akan duduk dialog kalau masih ada yang mati," kata Leo. (umi)

Berita Vivanews edisi Rabu, 23 November 2011
( http://nasional.vivanews.com/news/read/266673--orang-papua-terancam-punah- )

 

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.