Forkorus Yaboisembut Dituntut Penjara Seumur Hidup



Forkorus Yaboisembut
 Dalam Kawalan Ketat Kepolisian
JAYAPURA
 - Tokoh kemerdekaan Papua Barat, Forkorus Yaboisembut, dituntut penjara seumur hidup oleh jaksa penuntut umum Pengadilan Negeri Jayapura terkait kasus makar.

Sidang yang digelar Senin kemarin dilakukan di bawah pengamanan ketat ratusan personel Kepolisian dari Polresta Jayapura dan Polda Papua. Saat sidang berlangsung ribuan orang berunjuk rasa di depan pengadilan.

Jaksa mengungkapkan, Forkorus dianggap melanggar Pasal 106 KUHP karena mendirikan negara Papua Barat yang dideklarasikan saat Kongres Rakyat Papua III pada 17-19 Oktober 2011 lalu di Padang Bulan, Distrik Abepura, Jayapura.

Mantan Ketua Dewan Adat Papua ini ditangkap bersama lima rekannya yakni Edison Gladius, Perdana Menteri Papua Barat; Selpius Bobbi, Ketua Panitia KRP III; serta August Makbrawen, Dominikus Sorabut; dan Gat Wenda masing-masing panitia KRP III.

Mereka menyatakan Papua adalah satu negara yang terpisah dengan NKRI dengan bahasa resmi Portugis, Melayu, dan Papua Nugini. Mereka juga menggunakan pen sebagai mata uang resmi dan bendera Bintang Bintang Fajar (nama baru dari Bintang Kejora).

Sidang kemarin hanya menghadirkan terdakwa Forkorus, sementara lima lainnya masih menunggu kelengkapan berkas atau P21.

Rencananya sidang yang dipimpin Hakim Ketua Yalius Yeuw itu akan dilanjutkan pada 8 Februari mendatang dengan agenda vonis.

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.