Polisi Pastikan Tak Ada Gerakan Papua Merdeka 1 Desember

Kamis, 24 November 2011 12:19 wib
 
JAYAPURA
- Jelang peringatan hari kemerdekaan Papua Barat yang jatuh pada 1 Desember, berbagai kegiatan untuk memisahkan diri dari NKRI diisukan akan berlangsung secara serempak di seluruh wilayah Papua dan Papua Barat.

Kapolda Papua, Irjen Pol Dikman L Tobing saat dikonfirmasi wartawan di Jayapura menegaskan, bahwa isu yang beredar di masyarakat baik melalui pesan singkat via sms atau melalui selebaran itu sama sekali tidak benar.

Masyarakat, kata Kapolda, tidak perlu resah dengan isu-isu yang sengaja diciptakan oknum-oknum tak bertanggung jawab.

"Sama sekali tidak benar, pada 1 Desember tidak ada gerakan apa-apa. Jangan resah lah, semua aman kok," ujar Kapolda, Kamis (24/11/2011).

Disinggung jumlah pasukan yang dikerahkan untuk mengamankan 1 Desember, Kapolda enggan berkomentar. Pria asal Medan ini hanya mengatakan sepanjang aktivitas yang dilakukan kelompok KNPB dan kroni-kroninya tidak mengganggu empat aspek yakni aspek politik, aspek ekonomi, aspek sosial budaya, aspek hukum dan HAM serta aspek Keamanan maka aparat tidak akan menghentikan aktivitas tersebut.

Diakui pula, hingga saat ini belum ada surat pemberitahuan tentang rencana aksi yang akan dilakukan KNPB atau kelompok-kelompok lainnya.

"Tapi jika ada aksi nantinya, maka mereka harus perhatikan empat aspek tersebut. Jika tidak maka kita akan menghentikan aksi mereka dan akan ditindak sesuai aturan yang berlaku," lanjutnya.

Sementara itu, Wakil ketua KNPB Mako Tabuni dalam keterangan persnya kepada wartawan di Jayapura, Rabu kemarin menegaskan tidak ada aktivitas yang akan dilakukan KNPB pada 1 Desember nanti.

"Kita tidak ada kegiatan apa-apa. Peringatan 1 Desember hanya akan kita lakukan dengan doa bersama," ujar dia.

Mako juga meminta agar warga Papua khususnya yang ada di Kota Jayapura untuk tidak resah dengan isu 1 Desember. Dia meminta masyarakat untuk tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa, sebab tidak ada gerakan yang akan dilakukan meski sejak sepakan lalu isu mengenai upaya pemisahan diri dari NKRI sudah beredar di kalangan masyarakat Papua.

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.