search tickets in here

Di Asei Kecil, Rumah Ondoafi Terbakar

Senin, 12 September 2011 , 04:25:00


Kerugian Ditaksir Capai Ratusan Juta
SENTANI-Satu rumah besar milik  Ondoafi  Sefnath Ohee di dekat kali jembatan dua, Kampung Asei Kecil Distrik Sentani ludes terbakar, Sabtu (10/9) sekitar pukul 09.30 WIT. Meski dalam musibah kebakaran ini, tidak ada korban jiwa, namun akibat peristiwa ini kerugian materiil diperkirakan mencapai ratusan juta.
  Pantauan Cenderawasih Pos di lokasi kejadian,  musibah kebakaran ini berlangsung  sangat cepat. Kurang dari satu jam, api telah menghangguskan isi dan  seluruh bangunan rumah besar yang dihuni sejumlah anggota keluarga itu.
 Warga yang datang ke lokasi, nampaknya tidak bisa berbuat banyak. Mereka hanya bisa menonton dan menyaksikan kobaran api, melahap satu persatu bangunan rumah tersebut. Sementara itu, melihat rumahnya telah ludes dilahap di jago merah, sejumlah anggota keluarga terlihat menanggis histeris dan shock dengan kejadian ini.
  Pemilik rumah, Sefnath Ohee saat ditemui  Cenderawasih Pos mengungkapkan musibah kebakaran ini terjadi saat dirinya dan anggota keluarganya tengah keluar rumah.  Namun salah satu anak korban yang pada saat itu pulang sekolah dan berada di dalam rumah bermain korek api gas dan mengenai gorden kamar lalu gorden tersebut terbakar menjalar dengan cepat mengenai  loteng tripleks hingga api merambat besar dan membakar semua isi rumah tersebut.
   “Saat gorden terbakar anak saya hendak lari mengambil air untuk memadamkan api namun api sudah besar dan membakar atap  kamar. Anak saya lari keluar teriak rumah terbakar tapi warga sekeliling sudah terlambat memadamkan kobaran api yang sudah membesar itu,” ungkapnya penuh sedih.
  Selanjutnya satu jam setelah api meludeskan rumah tersebut, mobil water canon dari Polres Jayapura dan mobil pemadam kebakaran (MPK) dari Kabupaten Jayapura tiba di lokasi untuk memadamkan api yang masih ada.
   Kapolres Jayapura AKBP Mathius D Fakhiri, SIK melalui  Kapolsek Sentani Timur AKP Taufan saat dikonfirmasi mengungkapkan, kasus kebakaran rumah milik Ondofafi Sefnath Ohee ini untuk sementara masih dalam proses penyelidikan petugas.
  Namun, berdasarkan keterangan sementara yang diperoleh petugas dari salah seorang  penghuni rumah tersebut, kata Taufan, diduga penyebab terbakarnya rumah tersebut berawal dari seorang anak yang sedang main korek api, lalu membakar kasur di salah satu ruangan tempat tidur dan merambat ke seluruh bagian rumah.
   Di singgung kerugian akibat kebakaran ini, menurut Taufan, sesuai keterangan sementara pihak keluarga, diperkirakan kerugian materiil mencapai  Rp  900 juta. (mud/ben/tri)
 

Post a Comment